Wednesday, February 3, 2016

Pengertian Dari Desain Interior dan Eksterior Dan Juga Aspeknya

Selamat datang kembali di blog sederhana kami tentang desain rumah, furniture, dan berbagai denah rumah. Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Dari Desain Interior dan Eksterior Dan Juga Aspeknya yang mudah-mudahan bisa membuat anda bertambah pengetahuannya.


Istilah desain interior dan design eksterior pastinya sudah tak asing, bukan? Tetapi, tahukah kamu apa pengertian desain interior dan desain eksterior, serta apa yang membedakan keduanya? Secara sederhana, desain interior bisa diartikan juga sebagai ilmu yang mempelajari perancangan segala sesuatu yang ada di dalam sebuah bangunan. Layaknya sebagai sebuah ilmu sekaligus seni, desain interior pada akhirnya bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia dalam mengatur benda-benda yang ada di dalam ruangan. 

Pengertian Design Interior dan Aspeknya 

Pada dasarnya, ilmu desain bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan/ruangan beserta elemen-elemen yang ada di dalamnya, baik secara fisik ataupun nonfisik. Pengertian seni dan desain interior mencakup seluruh unsur yang ada di dalam suatu bangunan, mulai dari ruangan tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, sampai kamar mandi. Desain interior mencakup penempatan semua aspek tersebut, termasuk juga aspek pendukung seperti furniture. 

Ada tiga aspek utama desain interior, yaitu : 
  1. Desain interior tetap; aspek ini mencakup perancangan step awal, mulai dari pembuatan ide denah bangunan, rencana lantai (floor plan), rencana layout, rencana atap, detail, animasi, maket, sampai teknis presentase desain yang akan dibuat. Step ini belum mencakup eksekusi pekerjaan. 
  2. Desain interior bergerak atau moveable; pada aspek ini, perancangan bersifat mikro, seperti pembuatan desain produk, desain layout interior, bahkan desain furniture dan desain handycraft. 
  3. Desain interior dekoratif; seperti namanya, tujuan perancangan adalah untuk menghias atau mempercantik tampilan interior, seperti desain ruang pesta, dekorasi kamar tidur, dekorasi ruangan tamu, dan sebagainya. 

Selain elemen-elemen ruang dan penempatannya, seni desain interior kreatif pun berkaitan dengan benda-benda dekorasi, seperti furniture, lukisan, lampu, tanaman indoor, cermin, cat dinding, partisi, maupun wallpaper. Dengan kata lain, desain interior berhubungan dengan seni atau kreativitas dalam memanfaatkan semua elemen di dalam ruangan untuk menghasilkan suatu tatanan yang diharapkan. 

Perbedaan Pengertian Desain Interior dan Eksterior 

Kalau desain interior berkaitan dengan factor yang ada di dalam ruangan, maka desain eksterior justru sebaliknya. Perbedaan pengertian desain interior dan eksterior dibedakan oleh fokus perancangan dan aspek pendukungna. Desain eksterior berkaitan dengan aspek luar sebua bangunan, baik itu taman, teras, gerbang, pintu, jendela, sampai cat dinding luar. 

Perbedaan keduanya pun terletak pada prinsip kerja. Contohnya, prinsip desain interior menyangkut dengan psikologi warna, focal point, estetika, selera, gaya, dan keseimbangan. Sementara itu, prinsip utama desain eksterior yaitu kekuatan, model dan material, walaupun selera dan gaya tetap jadi pertimbangan dalam perancangan bagian luar suatu bangunan. 

Pentingnya pemahaman tentang pengertian desain interior dan design eksterior, serta perbedaan keduanya tidak bisa dipungkiri. Apabila kamu berniat untuk terjun ke bisnis ini, maka delineasi antara aspek yang mempengaruhi keduanya akan mempengaruhi kinerja kamu.


Demikianlah pembahasan singkat kami tentang Pengertian Dari Desain Interior dan Eksterior Dan Juga Aspeknya yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang ingin tahu apa itu interior dan eksterior, nantikan pembahasan selanjutnya tentang desain rumah, furniture, dan denah rumah dari kami dan semoga anda selalu mengunjungi blog kami.

Pengertian Dari Desain Interior dan Eksterior Dan Juga Aspeknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 comments:

  1. Akhirnya saya tau, info yang menarik. Oh iya saya juga merekomendasikan buat kalian yang ingin mengetahui seluk beluk desain interior bisa cek disini

    ReplyDelete
  2. terima kasih artikelnya, menambah informasi dan bermanfaat
    silahkan kunjungi website kami di https://jasaarsitekmalang.net

    ReplyDelete